Rabu, 05 Mei 2010

Cara memilih bakalan Prenjak Jantan

Burung kecil ini mempunyai suara yang keras dan lantang seolah olah tidak mau mengalah dengan burung kicauan yang lain. Burung ini termasuk burung petarung juga. Burung ini memang agak sukar untuk dipelihara. Tetapi jika anda berhasil memeliharanya pasti sangat puas deh..dijamin ramai rumah anda dengan kicauannya.
Bagi anda yang tertarik untuk memeliharanya, tetntu anda harus bisa meilih mana bakalan jantan dan mana bakalan betina. Disini anda akan saya beritahu sedikit tentang ciri-ciri burung prenjak jantan yang bagus sesuai pengalaman saya.

1. Pilih yang berdada sangat hitam..atau full hitamnya
2. Pilih yang energik alias semangat dan pemberani jika kita dekati.
3. Jika kita lihat ekornya selalu diangkat keatas seolah-olah mau bertarung
4. Pilih yang bulunya cerah
5. Ada satu tips lagi yaitu dikepalanya terdapat beberapa bulu semacam rambut yang terjuntai keluar
Nah itu sedikit tips dari saya untuk memilih bakalan prenjak yang baik. Mungkin ada yang lebih lengkap lagi bisa menambahkannya dalam kolom komentar

54 komentar:

  1. bagaimana kalau prenjak anakanBoss ?

    BalasHapus
  2. kalau prenjak anakan sih mohon maaf saya belum pernah coba pelihara.mahal sekali harganya..sedang untuk ciri2 jantan atau betinanya untuk prenjak anakan saya masih sulit membedakannya..jika anda tahu bisa di tambahkan saja..namanya juga tukar info boss..thank atensinya

    BalasHapus
  3. ada berapa jenis burung prenjak yang ada bos?
    koq prenjak saya berbeda ama ciri2 yg bos berikan! mohon info, thx

    BalasHapus
  4. tlg tanya nih, kalo ciri2 yg betina gimana ya?
    apa betina juga bisa berkicau?
    thx before

    BalasHapus
  5. kalo bisa diberi foto untuk memperjelas bagi kita yg pemula untuk membedakannya...thx

    BalasHapus
  6. kalau burung prenjak yang saya tahu ada 2..prenjak hijau dan prenjak kebun..prenjak hijau kita bisa melihat dari warnanya yang agk kehijau hijauan..sedanglan prenjak kebun biasanya ada unsur warna agak kemerah merahan dengan dada dominan warna hitam untuk yang jantan.
    untuk prenjak betina bisa bunyi juga..tapi cuma tiiir..tirrr gitu lho.
    untuk gambarnya coba saya carikan dulu ya

    BalasHapus
  7. prenjak jantan> bagian bwh paruh berbatasan dgn bulu leher berwarna hitam
    prenjak betina> bagian bwh paruh berwarna putih
    berlaku untuk anakan,remaja maupun dewasa
    Semoga bermanfaat...

    BalasHapus
  8. jenis2 prenjak bermacam2 :
    Prenjak kebun/ciblek : dominan abu2 dipunggung,keputih2an didada s/d perut,ekor panjang mengembang,ada bintik putih dibagian bulu ekor,paruh hitam pekat agak panjang
    Prenjak sawah/alang2 : dominan abu2 sama dgn diatas,bodi lbh ramping,paruh mungil agak kemerahan
    Prenjak Merah/bambu : Bodi lbh kecil dr prenjak sawah,pendek,warna bulu dominan abu2,kepala agak merah,ekor abu2 pendek mengembang
    Itu bbrp jenis yg saya tahu dan bnyk di pasaran..Istilah diatas adalah penyebutan didaerah Surabaya dan sktrnya

    BalasHapus
  9. kalo agak muda nggu bnyinya msih lama g om????
    ak pny tp msih cma ngriwik doang<<<<

    BalasHapus
  10. kalo perenjak cuma 2jenis. ada prenjak bawah & atas. prenjak bawah bulu dada dominan berwarna putuh kelabu, Jantan ada garis di leher berwarna hitam. semakin dewasa semakin nyata warna hitamnya
    Betina. bulu dada putih kelabu tanpa garis hitam/ kalungan. suara monoton.

    kalau prenjak atas. berwarna dominan hijau tua/gelap.
    Jantan : dibawah leher dominan berwarna abu2 gelap/hitam full ada beberapa helai rambut halus di kepala yg terjuntai

    Betina : berwarna abu2 tetapi ada celah warna putih atau kelabu terang. bersuara 2 karakter.
    nyeet nyeet nyeet. dan treeert treeerrt...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane stuju gan!!!!

      prenjak atas ma bawah
      atu lg wat bedain perenjak bawah jantan yaitu di bagian ekor ada yang disebut ekor okem ( ekor yg lebih panjang dr ekor yg lain,y )

      Hapus
  11. kalo ciri2 prenjak jantan yang masih muda apaan mas???kalo sirtu kan lidahnya ujungnya item tapi blkng ldahnya masih putih...tolong jawabannya..^^..terimakasih..

    BalasHapus
  12. king Prenjak20 Mei 2011 00.27

    Prenjak anakan jantan ekor nya ada bulu lancur nya N ujung ekor "LANCIP"

    BalasHapus
  13. berapa harga burung prenjak master???

    BalasHapus
  14. berapa harga burung prenjak bakalan ??? yg betina? & jantan?

    klo master betina berapa harganya?

    klo master jantan berapa harganya?

    BalasHapus
  15. bagus burung prenjak hijau apa prenjak abu abu

    BalasHapus
  16. prejak tetanggaku keras dan bagus banget :D

    BalasHapus
  17. om... cara ngilangin stres pasa prenjak gimana?

    BalasHapus
  18. prenjak jantan cucuk warna hitam dan lidah begitu juga betina gak ada ciri spt itu

    BalasHapus
  19. saya ingin memiliki prenjak betina ciri-irinya bagaimana?

    BalasHapus
  20. gmn cara biar cpt jinak bkln prnjak yg msh muda om, thx infonya

    BalasHapus
  21. bagaimana cara merawat anakan prenjak biar cepet bunyi....

    BalasHapus
  22. Kalo melihara prenjak harus sepasang, supaya cepat bunyi. Soalnya kalo sendiri-sendiri, prenjak cenderung cepat stress. Kalo nyari prenjak yang udah makan poer total hubungin ane aja gan....

    BalasHapus
  23. sepengetahuan saya ciri ciri prenjak jali/ciblek anakan jantan.1.ekornya ada 4 yang tengah 2 ekor panjang.klau yang betina ekor nya sama tidak terlalu panjang anda pasti bisa membedakan dan pasti ada alis putih yang ada di atas mata nya.

    BalasHapus
  24. ini prenjak kpla merah apa yg kplanya htam??

    BalasHapus
  25. makanan nya apa ya???

    BalasHapus
  26. fuadjtc@yahoo.com30 Oktober 2011 15.56

    tlg ajarin trik merawat prenjak.aku dah gagal pelihara 4 kali.

    BalasHapus
  27. burung prenjak putih jantan ciri cirinya apa omm?

    BalasHapus
  28. buka paruhnya..........lo jantan dalamnya hitam...untuk smua jnis brung sama

    BalasHapus
  29. gimana cara membedakan prenjak alang2 jantan sama betina.x boss thx

    BalasHapus
  30. boss kalau prenjak kebun cara membedakan jantan dan betinanya gimana ??
    JAWAB PLEASEE !!

    BalasHapus
  31. klo jantan paruh atas bawah nya hitam smua,sm buli dada ampe bawah kaki hitam smua,,klo betina paruh bawah nya putih,tubh lbih kecil,bulu dada htam,tp cuma sbatas dada aja

    BalasHapus
  32. dicari prenjak gan lokasi dipontianak
    kalao ada kabarin aj beserta rincian harganya(jangan sadis2 loh) hehehe ditunggu ya para suhu

    BalasHapus
  33. saya punya prenjak 1. Dada kehitaman, kepala merah 2. dada putih kepala ama ekornya merah. ini jenis prenjak apa ya..? bedanya yg jantan ama yg betina ?

    BalasHapus
  34. biar cepet bunyi di kasih apa ya?

    BalasHapus
  35. burung prenjak saya bulunya kembang saja kayak mb mbalon,bagai mana mas cara merawatnya supaya sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti kalo mau memelihara harus sepasang dong?,
      terus harganya sampai berapa ya?,
      terima kasih,

      Hapus
    2. sepasang lebih bagus boz... pa lagi dapet prenjak kalung.. di jamin gak kecewa

      Hapus
  36. kalo untuk prenjak gunung ciri2 jantannya gimana????

    BalasHapus
  37. saia ada prenjak dah bunyi kemrin saia tebus dengan mahar 150.000,- alhamdulilah dapat cowo smua, dah bunyi smua lagi, pokonya top markotop, burung kecil tapi suara gak kalah ma burung besar

    BalasHapus
    Balasan
    1. gan klo mau beli prenjak di derah pramb dimana?
      karna saya udah 1 bulan puter puter pasar burung di prambanan gx ada yg jual..
      tolong infonya

      Hapus
  38. pa smua prenjak muda dada putih kuning jntan ada bbrapa bulu yg kluar d kpalany y om???

    BalasHapus
  39. Mantap infonya. Saya juga ga mau kalah, bikin artikel juga, jikalau berkenan silahkan berkunjung om Prenjak Masih galau tentang perbedaan prenjak sama ciblek si om.

    BalasHapus
  40. apa burung ini gampang di jinakin?

    BalasHapus
  41. bagaimana ciri-cirei KONTOL

    BalasHapus
  42. wah dari ciri - ciri diatas guwe tergolong punya prenjak yg keplanya agak merah berarti penjak merah/bambu harganya kisaran berapa ya ? udh mulai bunyi cuman belum begitu keras tapi dah banyak variasinya

    BalasHapus
  43. Kalau prenjak kampung yang bagai mana boss ciri-cirinya?

    BalasHapus
  44. Bagaimana cara mengatasi burung yang lagi setres?

    BalasHapus
  45. Saya punya prenjak warna kepala dan ekor merah tua, bulu dada warna agak abu-abu, warna punggung hitam kecoklatan,
    Bunyinya kayak burung besar, '' kuik kung.. Kuik kung...''
    Ini jenis prenjak apa ya bos..?

    Trimakasih..

    BalasHapus
  46. Setau saya prenjak dan ciblek berbeda bos.klo ciri d atas itu nm nya ciblek

    BalasHapus

komentar yang membanugun ya