Rabu, 05 Mei 2010

Cara memilih bakalan Prenjak Jantan

Burung kecil ini mempunyai suara yang keras dan lantang seolah olah tidak mau mengalah dengan burung kicauan yang lain. Burung ini termasuk burung petarung juga. Burung ini memang agak sukar untuk dipelihara. Tetapi jika anda berhasil memeliharanya pasti sangat puas deh..dijamin ramai rumah anda dengan kicauannya.
Bagi anda yang tertarik untuk memeliharanya, tetntu anda harus bisa meilih mana bakalan jantan dan mana bakalan betina. Disini anda akan saya beritahu sedikit tentang ciri-ciri burung prenjak jantan yang bagus sesuai pengalaman saya.

1. Pilih yang berdada sangat hitam..atau full hitamnya
2. Pilih yang energik alias semangat dan pemberani jika kita dekati.
3. Jika kita lihat ekornya selalu diangkat keatas seolah-olah mau bertarung
4. Pilih yang bulunya cerah
5. Ada satu tips lagi yaitu dikepalanya terdapat beberapa bulu semacam rambut yang terjuntai keluar
Nah itu sedikit tips dari saya untuk memilih bakalan prenjak yang baik. Mungkin ada yang lebih lengkap lagi bisa menambahkannya dalam kolom komentar

Senin, 19 April 2010

Burung Ciblek yang gagah

Burung Ciblek berkicau dengan suara lantangnya.. Burung kecil ini termasuk burung petarung yang handal. Jangan remehkan burung ini..walaupun kecil tapi suaranya dapat membelah angkasa..Burung petarung ini biasa kita jumpai di Sawah,pinggiran hutan dan terkadang juga di perkampungan yang masih jauh dari keramaian. Burung ciblek ini sering diperdagangkan karena suaranya yang keras dan naluri fighternya yang bagus. Jika sudah terlatih burung ini jika kita pegang dan kita kasih kaca didepannya dia akan berkicau seolah mau bertarung dengan bayangannya sendiri. Coba saja anda pelihara burung ini.. dan latihlah dia untuk menjadi petarung sejati.
Ciri -ciri burung ciblek jantan:
Biasanya burung ini mempunyai alis dimatanya.
Dadanya berwarna hitam legam
Badan tegap dan berekor panjang atau lebih panjang di banding betina
Jika kita pegang dan dihadapkan kesesama ciblek jantan akan menunjukkan sikap mau bertarung
Pegang si ciblek..perhatikan baik baik di kepalanya..biasanya ada beberapa bulu yang menyerupai rambut yang keluar
Selamat mencoba burung petarung kecil ini..dan nikmati kicauannya yang lantang

Rabu, 07 April 2010

Tips memilih bakalan kenari

Burung Kenari termasuk burung yang mudah jinak..Burung ini mudah jinak karena begitu menetas langsung beradaptasi dengan lingkungan manusia. Bahkan langsung berinteraksi dengan si peternak lewat kebiasaan peternak memegang dan membersihkan kandangnya..masuk akal bukan. Karena hampir dipastikan burung kenari saat ini adalah hasil peternakan.
Burung Kenari saat ini termasuk burung yang banyak peminatnya. Selain mudah dalam perawatannya juga bagus suaranya. Makanannya pun mudah didapat. Cuma biji-bijian dan sedikit extra fooding yaitu sayuran dan buah buahan. Memelihara kenari perlu ketekunan karena burung ini suka kalau kandangnya bersih setiap hari.
Bagaimana memilih bakalan Kenari yang bagus :
Jika anda pergi ke pasar burung datang saja ke kios yang khusus menjual kenari. Kemudian sering seringlah mendengarkan percakapan orang orang disitu untuk sedikit menimba ilmu dari mereka. Pilih burung kenari jantan dengan ciri ciri sebagai berikut :
Postur tubuh tegak..bandingkan dengan kenari lainnya. Pilih dari sekian banyak kenari yang paling suka berkicau atau ngeriwik. Jika anda ingin lebih yakin lagi..lihat kelaminnya dan tiuplah kloakanya. Jika tegak keatas bisa dipastikan itu jantan. dan jika betina akan memanjang searah tubuhnya. Jika kurang yakin lagi test pakai pendulum yang biasa dipakai untuk menandai jenis kelamin burung. jika bandul pendulum memutar berarti itu burung betina. Dan jika bandul bergerak searah tubuh burung berarti jantan. Dimana kita harus meletakkan bandul itu? tepatnya diatas perut atau kelamin burung dengan posisi burung kita pegang terbalik.. Selamat mencoba.

Senin, 05 April 2010

harga burung jalak di pasar depok Solo

tadi pagi aku main lagi ke pasar burung Depok solo. seperti biasa aku selalu bertanya harga harga burung disana untuk update terbaru harga burung. Aku cek harga burung jalak suren. harga bervariasi..yang masih ngloloh dibanderol 300ribuan. Wah trnyata tinggi juga hargany. tapi jgn kawathir..harga jalak suren dewasa alias bakalan belum jadi 200 ribuan saja. sedangkan jalak Nias dibanderol 80ribuan saja.ayo lekas borong deh

Rabu, 24 Maret 2010

Burung Jalak

Burung Jalak..

Topik  kita saat ini adalah mengenal burung jalak. Burung jalak adalah salah satu burung kicauan yang sangat mudah jinak dengan manusia dalam hal ini pemeliharanya..Sang burung jalak akan mengenali siapa pemeliharanya yang sebenarnya. Bahkan jika kita memeliharanya sejak dia masih kecil atau ketika masih ngloloh.. wah bisa dipastikan mereka akan sangat jinak sekali dengan kita..Mereka termasuk burung yang sangat mudah dalam perawatannya. Makanan mereka yang utama adalah buah2an..serangga..dan kadang mereka juga suka kalau kita beri voer. Sekali kali boleh juga kita kasih makan cacing tanah.. jika mereka sudah jinak jika lepas dari kandangnya, mereka bisa pulang kembali ke sangkarnya sendiri..Mereka bisa kita jadikan teman bermain. Burung jalak ini suka mengikuti kita ketika kita melintas dibawah sangkarnya. Apalagi pas waktu jam makan mereka. Wah ramai sekali suaranya. 
Burung jalak dikenal juga dengan burung yang suka menirukan suara burung lain. Bahkan ada jenis burung jalak tertentu yang bisa menirukan suara manusia layaknya burung Beo.
Burng Jalak sudah bisa ditangkarkan..Jadi jangan kawathir populasi mereka akan punah.. Tapi memang untuk burung jalak liar alias yang masih hidup di alam liar memang sudah tidak bisa kita temui lagi.(kecuali burung jalak pak RT yang baru saja lepas lho>>)) 
Burung Jalak yang direkomendasikan bagi pemula yang ingin memelihara burung jalak adalah burung jalak jenis penyu atau jalak hitam yang kadang juga disebut sebagai burung jalak kebo.
Burung Jalak ini selain harganya yang murah juga bagus untuk dipelihara oleh pemula..
Soal harga burng jalak hitam ini antara Rp 40000-70000 saja. Murah kan..

Selasa, 16 Maret 2010

Burung GELATIK yang indah

Di pasar burung anda juga bisa mendapatkan berbagai burung yang kecil namun kicauannya juga tidak kalah dengan burung mahal lainnya. Diantara jenis-jenis itu yaitu burung GELATIK JAWA. Dia mudah sekali untuk dipelihara. Makanannya serangga-serangga yang ada disekitarnya. Tapi dipedesaan burung ini sering terlihat makan nasi sisa yang di jemur diatas genting rumah. Bila anda memelihara Burung ini dan jika di sana ada burung Gelatik liar..dapat dipastikan Gelatik liar itu akan menghampiri burung gelatik yang ada dalam sangkar.

Sabtu, 13 Maret 2010

lanjutan mengenal burung kicauan untuk pemula 2

Sampai mana ya>>? Sampai burung Pleci to..
Burung Pleci juga disarankan dipelihara oleh para penghobi burung kicauan yang baru.
Burung pleci ini ada bermacam macam lho..Ada Pleci Kacamata..Pleci Gentong dan lain lainnya..Tetapi semua Pleci ini sama mudahnya kok dalam memeliharanya..
Pleci kacamata harganya sih murah..dengan 5 ribu rupiah saja kita bisa membelinya..
tapi jangan salah,,.burung ini mahal lho kalau sudah jadi alias bisa teler..bener lho burung pleci ini kalau sudah teler lucu banget walaupun suaranya kecil saat teler.
Untuk perawatannya sih super mudahhhh.. Kasih aja makanan yang disukai..yaitu pisang, pepaya ataupun serangga kecil, misalnya uler balap dll. Tapi jangan lupa kasih minum yanhg banyak karena burung ini walaupun kecil minumnya buanyak banget. Dan kasih juga voer yang lembut ya untuk tambah gizi..Mudah lho buat burung kecil ini mau makan voer.. tapi nanti dulu ya caranya. Masih banyak yang harus aku tulis untuk anda..Burung Pleci Genthong asyik juga lho untuk dipelihara..Suaranya kayak burung Robin..masih ingat burung Robin kan... Tapi Sampai sekarang saya belum bisa membedakan mana yang jantan ataupun betina. Cara peliharanya sama kok dengan Pleci kacamata. Dan makanannya pun juga sama.